PERATURAN PERLOMBAAN DRUM BAND


KETENTUAN UMUM
A. NAMA KEGIATAN
TIRAS DRUM BAND COMPETITION (TDBC) I 2016

B. PENYELENGGARA
SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, bekerja sama dengan
Panitia Titian Teras Expo 2016

Dinas Pendidikan Provinsi
C. MOTTO
“Bersaing dalam lomba secara sportif dan bersahabat”
“Kerjasama dan berlomba dalam suasana kekeluargaan”
“Menang dengan rasa bangga, kalah dengan sikap ksatria”

D. MAKSUD DAN TUJUAN
a) Memeriahkan Titian Teras Expo 2016.

b) Memberikan kegiatan yang sehat dan terarah bagi pelajar tingkat SD, SMP dan Generasi Muda, agar terhindar dari kenalakan remaja dan tindakan-tindakan yang kurang terpuji dan Menggalang persahabatan diantara band peserta.

c) Memotivasi generasi muda untuk terus-menerus memperdalam dan menambah ilmu pengetahuan khususnya di bidang drum band/marching band agar dapat mengikuti perkembangan zaman.

d) Menjadikan kegiatan ini sebagai puncak kulminasi kegiatan drum band/marching band, sekaligus menggairahkan kegiatan unit-unit drumband/marching band di sekolah-sekolah regional Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, dan Kabupaten Batanghari
E. WAKTU DAN TEMPAT
TIRAS DRUM BAND COMPETITION (TDBC) I 2016 akan dilaksanakan pada hari KAMIS tanggal 17 Maret 2016, di Kampus SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian Km.21 Pijoan Kab. Muaro Jambi 36363
F. PESERTA
Peserta dikelompokkan menjadi 2 divisi, yaitu :
a) DIVISI JUNIOR : untuk peserta yang berasal dari tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)
b) DIVISI SENIOR : untuk peserta tingkat, Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah Tsanawiyah (MTS), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN).

G. DISKUALIFIKASI
Diskualifikasi dikenakan terhadap peserta yang melanggar ketentuan sebagai berikut :
1. Belum mengembalikan formulir pendaftaran.
2. Belum melunasi uang pendaftaran.
3. Belum menyerahkan daftar nama anggotanya.
4. Memakai pemain yang namanya tidak tercantum dalam daftar nama pemain dari peserta yang bersangkutan.
5. Peserta menggunakan pemain yang namanya juga terdaftar dalam daftar nama pemain dari peserta lain.
6. Pembina, pelatih dan/atau oficial lainnya memberi petunjuk atau isyarat-isyarat kepada unitnya yang sedang tampil di arena lomba.
7. Peserta membawa alat komunikasi yang memungkinkan peserta yang bersangkutan berhubungan dengan oficial dan/atau sebaliknya saat sedang melakukan pagelaran atau penampilannya.
8. Setelah dipanggil untuk ketiga kalinya dan selanjutnya ditunggu selama 90 (sembilan puluh) detik, tetapi peserta yang bersangkutan belum juga hadir di arena lomba.
9. Perkecualian untuk hal ini apabila keterlambatan hadir disebabkan oleh suatu keadaan atau ke-jadian force majeur yang wajib dibuktikan secara meyakinkan yang tidak dapat disangsikan kebenarannya, maka untuk peserta tersebut giliran penampilannya akan dilaksanakan pada giliran terakhir dari babak tersebut.
10. Membuat kegaduhan yang diluar batas kewajaran dan/atau kerusuhan di dalam maupun di luar arena (termasuk para suporter/pendukung).
11. Mengeluarkan kata-kata yang tidak senonoh dan melanggar etiket/susila/sara, mengejek, men-cemooh dan bersikap menantang terhadap penyelenggara, petugas dan/atau juri yang termasuk dalam jajaran Kepanitiaan BMBC.
12. Menggunakan bendera untuk color guard yang memakai disain dan warna bendera suatu negara.

PERATURAN DAN KETENTUAN
STREET PARADE

1. WAKTU DAN TEMPAT
Mata Lomba STREET PARADE TIRAS DRUM BAND COMPETITION (TDBC) I 2016 akan dilaksanakan pada hari KAMIS tanggal 17 Februari 2016, Start pukul 08.00 WIB dari Halaman Kantor Asrama (Ruang Temu Siswa) di Kampus SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI.

2. PESERTA
A. Peserta adalah semua unit Drum Band/Marching Band/Drum Corps yang bersedia mentaati serta mematuhi “Peraturan dan Ketentuan TIRAS DRUM BAND COMPETITION (TDBC) I - 2016”.
B. Tidak ada pembagian divisi peserta pada mata lomba Drum Battle ini.
1. Peserta adalah band peserta yang berasal dari SD dan SMP yang menjadi peserta TIRAS DRUM BAND COMPETITION (TDBC) I – 2016.
2. Pemain yang sudah menjadi Alumni dari Sekolah tersebut tidak diperkenankan (dilarang) memperkuat unit Sekolahnya.
3. Daftar anggota/pemain yang dikirim ke Panitia harus disyahkan oleh Kepala Sekolah.
4. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa pembatalan/ pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.
5. Pemain yang berasal dari Sekolah lain dilarang untuk diturunkan sebagai pemain pada Sekolah yang bukan sekolahnya (dilarang bermain di sekolah yang berbeda).
6. Pelanggaran atas ketentuan ini dapat diberikan sangsi berupa Diskualifikasi atau pembatalan/pencopotan gelar kejuaraan yang telah diraihnya.

C. KOMPOSISI PEMAIN
1. Tidak ada batasan dalam jumlah pemain dan official.
2. Pemain Cadangan maksimal 10 % dari jumlah pemain inti.

3. INFORMASI DAN PENDAFTARAN
1. Pendaftaran peserta dimulai tanggal 24 Februari 2016 s.d. tanggal 16 Maret 2016 (pada waktu technical meeting ke-2). Biaya Pendaftaran Rp. 750.000,-/band. Pendaftaran dilakukan secara langsung melalui Sekretariat Panitia Titian Teras Expo di SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian Km.21 Pijoan Kab. Muaro Jambi 36363 dengan mengirim utusan/perwakilan dari masing-masing sekolah.
2. TECHNICAL MEETING akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 5 Maret 2016, Jam 10.00 WIB s.d. selesai dan pada Hari Rabu 16 Maret 2016, Jam 10.00 WIB s.d. selesai di Kampus SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti, Jl. Lintas Jambi - Muara Bulian Km.21 Pijoan Kab. Muaro Jambi 36363.
3. Untuk info lebih lanjut hubungi CONTACT PERSON dibawah ini :
1. SUHARSO, S.Pd : 0813-6646-4959
2. ISTI HARIRAH, S.Si : 0852 – 1112 - 1986

4. PENGUNDURAN DIRI
Pengunduran diri wajib dilakukan secara tertulis serta ditanda tangani oleh yang menandatangani formulir pendaftaran, sedangkan uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.

5. DAFTAR PEMAIN

a. Pada waktunya, band peserta dari semua divisi akan menerima formulir daftar nama pemain yang wajib diisi oleh peserta. Daftar nama pemain tersebut memuat data pemain Inti, Pemain Cadangan dan Official beserta kolom pas foto berukuran 2 x 3 cm yang wajib ditempeli. Setelah formulir daftar nama pemain tersebut diisi lengkap, harus disyahkan oleh Kepala Sekolah/Pimpinan yang bersangkutan, kemudian daftar nama pemain tersebut wajib dikirim kembali ke Sekretariat Panitia selambat-lambatnya tanggal 16 Maret 2016 (pada waktu technical meeting) atau selambat-lambatnya pada H-1.
b. Roadies, helpers atau official dari peserta wajib memakai seragam khusus.

6. PERALATAN DAN KOSTUM

a. Semua peralatan yang digunakan dalam kompetisi adalah peralatan perkusi, pit instrument, alat tiup, dan bendera yang tersedia di masing-masing sekolah
b. Peralatan statis dan peralatan elektronik dilarang digunakan.
c. Setiap peserta harus menggunakan kostum/seragam penampilan yang cocok/sesuai untuk sebuah kompetisi.

7. PENJELASAN TEKNIS STREET PARADE

1. Start dari tempat yang ditentukan (rencananya dari Halaman Ruang Temu Siswa SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti) kemudian menyusuri SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti dan Finish kembali ke Halaman Ruang Temu Siswa SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jarak tempuh sekitar 800 m - 1 Km, Lebar jalan 5 m dan waktu tempuh sekitar 5 - 10 menit berjalan kaki. Urutan Parade berdasarkan hasil undian pada saat Technical Meeting.

2. Band peserta parade terdiri dari :
a. Satu orang pembawa papan nama unit;
b. Satu orang Drum Major atau Field Commander atau Kedua-duanya;
c. Pemain Inti sesuai jumlah minimal pemain masing-masing divisi;
d. Minimal 8 orang pengawal barisan (official) dapat ikut berbaris dibelakang atau disamping barisan di pinggir jalan yang dilalui peserta dan atau di depan barisan (2 orang di depan, 2 orang di belakang, 2 orang di kiri, dan 2 orang di kanan). Pengawal barisan menggunakan seragam tertentu, Pengawal barisan tidak dinilai tetapi wajib disertakan. Pengawal barisan berfungsi untuk membantu anggota unitnya yang tidak dapat melanjutkan parade karena sebab-sebab tertentu atau memungut aksesoris atau peralatan yang terjatuh. Pengawal barisan turut serta mengamankan atau membebaskan jalur jalan dari penonton yang menjorok masuk atau mengganggu barisan.

3. Formasi Parade
a. Berada paling depan adalah pembawa papan nama, selanjutnya dengan jarak 2 meter dibelakangnya adalah pembawa Banner (bila ada) atau Drum Major atau Field Commander, disusul maksimal 5 meter dibelakangnya adalah barisan pemain inti dan color guard.
b. Drum Major/Field Commander boleh bergerak kesamping, masuk kedalam barisan, atau kedepan, tetapi tidak boleh melampaui pembawa papan nama.
c. Formasi barisan pemain utama dan color guard tidak ditentukan (sesuai pilihan band peserta), posisi pemain dalam bentuk formasi tidak ditentukan.
d. Pada saat memulai Start atau memasuki garis Finish, bentuk barisan peserta harus berbanjar empat kebelakang, tetapi di sepanjang jalur parade diperbolehkan untuk berimprovisasi (manuver/dinamika/variasi) yang dilakukan sambil berjalan (tidak boleh berhenti) dan tidak mengganggu peserta lainnya.
e. Jarak antar pos 200 m.

4. Pelaksanaan Parade
a. Pelaksanaan parade dilakukan menurut blok(giliran) masing-masing band yang ditentukan berdasarkan hasil Technical Meeting. Setiap blok terdapat 3-4 band yang memulai parade. Band peserta yang memulai parade bersama band-band yang bukan dari blok yang telah ditentukan harus mengulang paradenya bersama band-band yang terdapat di blok urutan terakhir.
b. Sebelum Parade dimulai, band peserta menempatkan diri di belakang garis Start dengan formasi bebas(berbanjar 3 maupun 4). Selama berada di belakang garis start, sebelum aba-aba start diberikan, band peserta tidak diperbolehkan membunyikan alat apapun.
c. Band peserta baru dapat memainkan alat musiknya setelah petugas memberi aba-aba start dengan mengibarkan bendera start ke atas.
d. Setelah aba-aba diberikan, Field Commander wajib memberikan hormat kepada dewan juri.
e. Peserta memainkan lagu disetiap pos dan Field Commander wajib memberikan hormat di setiap pos.
f. Musik yang dimainkan oleh band peserta tidak dibatasi jenis dan banyaknya.
g. Peserta wajib memainkan caden/drum beat sepanjang parade(kecuali pada saat berada di pos).
h. Sebelum memainkan lagu, peserta wajib memainkan marsia.
i. Tidak boleh berhenti di pos.

5. Denah Lomba




8. PENAMPILAN
Urutan Penampilan ditentukan berdasarkan hasil Technical Meeting TIRAS DRUM BAND COMPETITION (TDBC) I – 2016 pada tanggal 14 Maret 2016. Peserta wajib hadir 1 (satu) jam sebelum jadwal penampilannya tiba dan melapor kepada petugas Roll Call di lokasi pertandingan.

9. PENALTY
1. Field Commander tidak hormat pada saat start dan setiap pos : -100 poin
2. Tidak memainkan lagu pada start dan setiap pos : -50 poin
3. Tidak memainkan caden/drum beat : -50 poin
4. Pemain salah langkah/pemain : -5 poin /2 bar
5. Tidak datang setelah 3x panggilan :Diahlikan ke blok terakhir
6. Mendahului start : -5 poin

10. DEWAN JURI
Dewan Juri terdiri dari para praktisi marching band yang kompeten di bidangnya dengan susunan sebagai berikut :

Koordinator Dewan Juri : 1 orang

Juri Marching & Music Performance : 1 orang


Juri Color Guard : 1 orang


Juri Showmanship : 1 orang
Juri Pendamping : 20 orang

Semua keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

11. PEMENANG DAN HADIAH

Juara 1 : 1 buah trophy + Uang Pembinaan Rp. 1.500.000,00

Juara 2 : 1 buah trophy + Uang Pembinaan Rp. 1.000.000,00

Juara 3 : 1 buah trophy + Uang Pembinaan Rp. 750.000,00

- Pengumuman pemenang pada saat selesai lomba.
- Penyerahan Hadiah untuk para pemenang akan dilaksanakan setelah Penutupan TITIAN TERAS EXPO 2016 selesai dilaksanakan pada hari sabtu 19 Maret 2016 dan sekira-kiranya masing-masing sekolah mengirim 2 orang perwakilan untuk mendatangi & menerima hadiah.

0 komentar:

Posting Komentar